Keahlian Kreatifitas

Creativity Skill ( Keahlian Kreatifitas )

Mr. Jakoep Ezra and Mrs. Jajuk Ezra

Kreatifitas adalah suatu keahlian yang membedakan seseorang dalam mencapai, menemukan atau menyelesaikan sesuatu pekerjaan. Kreatifitas membangun inisiatif dan inovasi kita. Kreatifitas memampukan kita untuk menyelesaikan masalah sekalipun hal itu mungkin berada di luar kemampuan kita.

Kreatifitas diaktifkan oleh pikiran dan imajinasi kita. Hal-hal positif mengarahkan kita pada ide-ide dan solusi yang membangun. Sebaliknya pikiran yang negatif akan menimbulkan sikap dan tindakan yang berdampak negatif pula. Kreatifitas dapat diandaikan sebagai suatu kendaraan yang akan membawa kita sampai ke tujuan dengan cara yang paling efektif, inovatif dan excellent.

Kreatifitas merupakan potensi yang dimiliki secara pribadi. Ada orang yang sangat kreatif dan ada yang masih perlu untuk dilatih dan dikembangkan kreatifitasnya. Kreatifitas dimulai dengan rasa ingin tahu dan keterbukaan terhadap hal-hal baru. Kreatifitas juga didasari dengan sikap yang bersemangat dan keberanian untuk mengambil resiko secara seimbang.

Smart Character radio talk hari ini diawali dengan lagu berjudul L O V E yang dinyanyikan oleh Nat King Cole.

L is for the way you look at me
O is for the only one I see
V is very, very extraordinary
E is even more than anyone that you can adore
Love is all that I can give to you
Love is more than just a game for two
Two in love can make it
Take my heart and please don’t break it
Love was made for me and you

Di dalam lagu ini dijelaskan bahwa love ada sesuatu yang luar biasa. Pada lirik yang pertama dikatakan bahwa L is for the way you look at me, yang artinya adalah kita dapat melihat seseorang dari sisi negatif dan positifnya, sehingga jika kita ingin kreatif kita harus melihat dari kedua sisi tersebut.

Liriknya yang kedua dikatakan O is for the only one I see, kadang kala kita mudah terjebak dalam satu hal yang kita lihat dan jalani. Lirik selanjutnya yaitu V is very, very extra ordinary, E is even more than anyone that you can adore, yang artinya adalah sesuatu yang luar biasa itu ada dalam hidup kita yang dapat ditemukan pada seseorang yang kita kagumi atau cintai.

Makna yang dapat kita petik dari lagu ini yaitu salah satu pemicu kita untuk dapat kreatif yaitu dengan memiliki cinta, dan orang-orang yang tidak mendapatkan cinta biasanya tidak memiliki kreatifitas.

A. Mengapa kita perlu membangun kreatifitas?

  1. Memberi kesempatan dan peluang baru dalam pencapaian tujuan
  2. Kemajuan dan inovasi dilandasi dengan sikap kreatif
  3. Sebagai sumber ide dan solusi untuk pemecahan masalah
  4. Untuk mengembangkan kemampuan eksplorasi hal-hal baru
  5. Memberi kesanggupan untuk kompetitif
  6. Mengatasi kejenuhan karena rutinitas
  7. Kreatifitas adalah salah satu modal sukses

B. Apa akibatnya jika tidak kreatif?

  1. Sulit menjadi pioneer dan innovator
  2. Terjebak dalam rutinitas
  3. Mudah mengalami stagnasi atau jalan buntu menghadapi tantangan
  4. Sulit menemukan solusi
  5. Cenderung kalah dalam persaingan atau kompetisi
  6. Menjadi orang yang mediocre
  7. Tidak percaya diri untuk melakukan hal-hal baru

C. Memahami arti Creativity Skill (Keahlian Kreatifitas)

  1. Kemampuan karya cipta, pembuatan, pembentukan sesuatu yang berasal dari penemuan, pemahaman, dan kebijakan.
  2. Perpaduan antara keahlian, kepandaian, dan ide-ide yang baru atau orisinil
  3. Kapasitas dalam menemukan solusi atau pemecahan masalah
  4. Kemampuan melakukan berbagai pendekatan dengan perspektif baru
  5. Hasil dari segala sesuatu yang dilakukan oleh imajinasi.

D. Barriers dari Creativity Skill

  1. Malas
  2. Bersikap masa bodo
  3. Wawasan sempit
  4. Takut mengambil resiko
  5. Pesimis
  6. Status Quo
  7. Menyukai rutinitas
  8. Comfort Zone
  9. Terlalu kaku dengan sisdur
  10. Sulit menerima perubahaan

E. Bagaimana Mengembangkan Kreatifitas?

  1. Melatih berpikir luar biasa-berpikir di luar kebiasaan (think out of the box)
  2. Mengembangkan imajinasi dan ide-ide orisinil
  3. Berani membuat perubahan
  4. Belajar dan menggali berbagai hal-hal dengan cara-cara baru
  5. Membangun inisiatif dan sikap inovasi
  6. Memiliki wawasan yang up to date dengan kemajuan dan perkembangan situasi
  7. Menggambil waktu untuk berpikir, kontemplasi dan juga rilek

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kreatifitas yaitu:

  1. Mengembangkan karakter Curiosity (ingin tahu), tetapi jangan menjadi sok tahu karena sok tahu itu merupakan suatu kesombongan, sedangkan ingin tahu yaitu keinginan untuk mau belajar terus-menerus.
  2. Mengembangkan karakter Openness (keterbukaan). Artinya adalah jangan menjadi orang yang kuper (kurang pergaulan). Kita harus terbuka dalam pikiran dan hati dan jangan seperti orang yang ditutup matanya (memakai mata kuda). Memang resikonya tetap ada yaitu kita menjadi tidak fokus. Tetapi jika ada kesempatan-kesempatan yang kita akomodasi untuk keterbukaan, maka hal tersebut akan memacu kreatifitas kita
  3. Berani hadapi Risk (resiko). Segala sesuatunya ada resiko, karena tidak ada hidup yang tidak beresiko, bahkan ketika kita menghindari resiko pasti ada konsekuensi dan resiko yang akan kita terima.
  4. Mengembangkan karakter Enthusiasm (antusias). Antusias itu seperti api yang tidak pernah padam, selalu semangat dan selalu melihat tantangan, tetapi tantangan tersebut tidak pernah lebih besar daripada solusi atau keuntungan yang akan kita terima, terkadang malah kita tidak pernah melihat akibat yang ada.
    Namun dari semua hal ini jika kita terkadang tidak mempertimbangkan resiko yang akan kita hadapi dengan masak-masak, hendaknya kita harus dapat mengantisipasi dan merencanakannya sehingga kesempatan-kesempatan yang akan kita kejar dapat kita jalani dengan penuh keyakinan.

F. Pertanyaan seputar Creativity Skill

  1. Apakah kemampuan bersikap kreatif merupakan sifat temperamen seseorang?
  2. Bagaimana ciri-ciri orang yang tergolong kreatif?
  3. Ada berapa jenis kreatifitas?
  4. Bagaimana menemukan kualitas kreatifitas pribadi?

LIVE INTERACTIVE:

1. Sharing dari Bpk. Edi Kurniawan selaku Moderator
Bpk. Edi bukan lahir dari ranjang emas, tetapi sekarang Bpk. Edi adalah seorang entrepreneur yang sukses dengan mendirikan PT. Data Utama. Perusahaan tersebut bergerak secara kreatif dan telah berhasil mengembangkan pasar secara luar biasa. Yang membuat Bpk. Edi berhasil sampai dengan sekarang yaitu karena keadaannya yang susah semenjak kecil, sehingga segala hal dicoba untuk dapat melanjutkan hidupnya.

Selain memimpin perusahaan multinasional, beliau juga memiliki usaha sendiri dan kebetulan sampai dengan sekarang masih memegang satu jabatan penting disuatu perusahaan. Pada mulanya jabatan tersebut diambil dengan satu resiko yaitu dengan menjadi sales, padahal latar belakang pendidikannya adalah di bidang tekhnik mesin. Dan pada awalnya ia bergabung menjadi Sales itu dia berpikir bahwa jika dia tidak berhasil di bidang tersebut ya lebih baik keluar, tetapi lama kelamaan Bpk. Edi menjadi tertarik dan sampai dengan sekarang semakin menyukai bidang tersebut, dan sekarang ini beliau berhasil memegang posisi tertinggi di perusahaannya.

Namun seiring dengan keberhasilan yang diperolehnya membuatnya menjadi bosan, Bpk. Edi Kurniawan berniat untuk membuka usaha sendiri, dan keinginannya tersebut disetujui oleh atasannya, maka berdirilah perusahaan mandiri yang dibangunnya yang bergerak dalam bidang komputer dan internet dan sekarang ini telah memiliki beberapa cabang di Jakarta dan beberapa pulau Jawa.

Namun usaha internetnya ini diperoleh dari sekedar coba-coba saja melalui obrolan di meja makan. Memang ketika baru mulai berdiri, perusahaan tersebut sempat mengalami sedikit masalah yang membuat Bpk. Edi menjadi stress, tetapi semuanya dapat diatasi dengan baik dan telah berhasil mendapatkan profit yang cukup besar.

Dia menganggap bahwa jika ada hambatan dan tantangan yang menghalanginya untuk berkreatifitas maka dia akan menghadapinya, karena walaupun dia telah gagal, dia telah memiliki kemampuan untuk dapat belajar dari kesalahannya dan dapat mengantisipasi dan merencanakan segala sesuatu yang terjadi pada perusahaannya, dan akan mengambil kesempatan yang ada demi untuk meraih kesuksesan.

2. Pertanyaan via SMS dari Bpk. Hairul di Makassar
Apakah ada hubungan antara genitas dengan kreatifitas seseorang? dan faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan kreatifitas?

Jawab:
Ya, terdapat hubungan antara genitas dengan kreatifitas seseorang, tapi hanya mempengaruhi waktu saja dan bukannya kemampuan. Karena setiap kita pasti mampu, dan factor-faktor yang mempengaruhi yaitu Curiosity (Keingintahuan), Openness (Keterbukaan), Risk (Resiko), dan Enthusiasm (Antusias).

3. Pertanyaan via SMS dari Ibu. Yessy
Mengapa orang barat paling kreatif? Sedangkan orang timur minim kreatif? Apakah karena kultur dan dogma timur yang berdampak pada orang-orangnya yang membuat tidak expert/ahli?

Jawab:
Terdapat dua hal yang membuat orang Asia yang tidak kreatif, yaitu:
a. Kesempatan untuk berani menghadapi resiko dan tantangan yang kurang.
b. Rasa ingin tahu yang kurang, sehingga daya belajar harus lebih ditingkatkan. Berani hadapi resiko juga kurang, seperti yang kita tahu bahwa Negara Australia yaitu Negara kepulauan yang sangat tandus, tapi karena keadaan dan kondisi yang seperti itulah kreatifitas kita menjadi meningkat, sedangkan Negara kita, Indonesia adalah Negara yang sangat subur apa saja yang kita tanam pasti bertumbuh dengan subur, namun kadang-kadang dengan beradanya kita di zona nyaman membuat kita menjaidi tidak kritis.

4. Pertanyaan via SMS dari Bpk. Adam di Medan
Bagaimana cara mengendalikan pikiran buruk yang saya sendiri tidak ingin ada dipikiran saya? Bukankah pikiran tersebut berpengaruh dengan kreatifitas? Tolong dibantu karena saya sudah merasaa sesat dan pikiran saya.

Jawab:
Pikiran kita ada didalam kuasa kita, jadi putuskan untuk memikirkan hal-hal yang baik, indah, benar, bermanfaat, maka kita akan memilikinya. Karena kalau kita terus-menerus dikuasai maka kita kalah akan penguasaan pikiran. Karena kitalah penguasa pikiran bukannya sebaliknya. Kita berkata tidak itu pasti bisa dan kalau anda belum mampu, sebaiknya anda meminta bantuan kepada orang yang bisa, anda pasti bisa mengatasinya.

5. Pertanyaan via SMS dari Medan
Bagaimana agar kreatifitas karakter menjadi bagian dari hidup kita dan tidak berdasarkan keadaan kepepet saja?

Jawab:
Kreatifitas itu sebenarnya berfikir luar biasa, kembangkan imajinasi dan ide-ide orisinil, jangan cuma menjalankan ide-ide orang lain, tetapi berani membuat perubahan. Belajar menggali berbagai hal-hal dengan cara-cara baru, membangun inisiatif dan sikap inovasi, memiliki wawasan yang up to date dengan kemajuan dan perkembangan situasi menggambil waktu untuk berpikir, kontemplasi dan juga rileks.

6. Pertanyaan via SMS dari Bpk. Teddy di Manado
Bagaimana solusi ketika kreatifitas kita mulai terbangun, kemudian menghadapi tantangan dan hambatan?

Jawab:
Menurut sharing dari Bpk. Edi, jika dia menghadapi tantangan dan hambatan, dia akan menabrak/menghadapi tantangan dan hambatan tersebut, tetapi kalau ditabrak dan tidak berhasil ya dibangun lagi, tetapi paling tidak ketika kita sudah menjalani tetapi kemudian terjatuh, setidaknya kita sudah tahu dari pengalaman sebelumnya dan kita sebaiknya belajar dari pengalaman tersebut. Pepatah mengatakan bahwa kerbau tidak akan jatuh ke kubangan untuk kedua kalinya, masa manusia akan seperti itu? Sehingga dengan kata lain nilai adversity harus lebih diperkuat lagi.

7. Pertanyaan via SMS dari Bpk. Bahrudin dari Palembang
Bagaimana agar kita menjadi diri sendiri dan menjadi percaya diri?

Jawab:
Kalau kita mau menjadi pribadi yang percaya diri, kita harus menemukan potensi dan talenta yang bisa menjadi kekuatan, lalu potensi dan talenta yang kita miliki tersebut kita aplikasikan sehingga menjadi suatu keahlian yang dapat meningkatkan rasa percaya diri kita.

8. Pertanyaan via SMS dari Semarang
Apakah ada batasan usia bagi seseorang untuk dapat menjadi kreatif?

Jawab:
Tidak ada batasan usia dalam hal ini. Memang usia mempengaruhi cara berpikir seseorang, tetapi ada kenalan saya seorang pengajar yang kreatif yang telah berusia lebih dari 70 tahun, dia adalah sosok guru yang banyak disukai oleh murid-muridnya. Dari ilustrasi ini dapat kita simpulkan bahwa tidak ada pengaruh antara usia dengan kreatifitas asalkan cara berfikir kita terus dilatih dengan baik.

9. Pertanyaan via SMS dari Bpk. Heri di Semarang
Bagaimana untuk menjadikan hidup selalu bersemangat untuk menghadapi hidup yang beresiko tinggi?

Jawab:
Segala perbuatan yang dilakukan di dunia ini selalu dilakukan dengan imajinasi. Imajinasi selalu dikendalikan agar tetap positif, kalau tidak kita akan menjadi orang yang berfikir dan bertindak negative. Karena pikiran kreatif adalah pikiran yang tidak pernah menyerah terhadap masalah. Kreatifitas memastikan bahwa hari esok akan lebih baik dari hari ini dan hal ini akan membuat kita menjadi tetap semangat.

G. Tips and Conclusions
Sikap karakter yang dikembangkan untuk memiliki keahlian kreatifitas:

  1. Curiosity (Rasa ingin tahu)
    Kalau kita sudah tidak mau tahu, jangan harap kita bisa menjadi kreatif, tetapi hendaknya kita juga jangan menjadi pribadi yang curiga.
  2. Openness (Keterbukaan)
    Bpk. Edi dapat melihat kesempatan walaupun dia diberikan tanggung jawab di sebuah perusahaan yang besar, tetapi dia masih bisa mengembangkan kesempatan openness (keterbukaan) dengan luar biasa.
  3. Risk (Resiko)
    Tidak ada kreatifitas yang berarti tanpa adanya resiko, segala sesuatu yang kita lakukan pasti ada resikonya, bahkan orang yang menghindari resiko juga pasti ada resiko yang akan diperolehnya.
  4. Enthusiasm (Antusias)
    Seseorang yang loyo tidak mungkin mampu untuk kreatif, sehingga untuk menjadi kreatif dibutuhkan karakter antusias yang dapat dilihat dari cara berjalan kita, cara berbicara, cara mendengarkan orang lain dan lain sebagainya yang harus dilakukan dengan penuh antusias. -Dan yakinlah jika kita telah melakukan segala sesuatu dengan antusias, niscaya kreatifitas tersebut akan terwujud.

H. The Words of Wisdom

  1. When you do the common things of life in an uncommon way, you will command the attention of the world (George Washington Carver)
  2. Creativity is the expression of wisdom that comes from a listening heart
  3. Segala perbuatan yang dilakukan di dunia ini dimulai dalam imajinasi
  4. Pikiran kreatif tidak pernah menyerah terhadap masalah
  5. Kreatifitas memastikan bahwa hari esok akan lebih baik daripada hari ini.

~ by bohkasim on December 22, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: