Membesarkan Hati

Taking Courage ( Membesarkan Hati )
Mr Jakoep Ezra and Mrs. Jajoek Ezra

Kenyataan membuktikan bahwa kita lebih banyak menghadapi dan mengalami situasi negatif di sekitar kita daripada hal-hal yang positif. Berita-berita yang kita dengar dan informasi yang diterima lebih banyak mengundang sikap pesimis daripada optimis. Kita lebih mudah kuatir daripada merasa kuat. Lebih sering takut daripada bersikap tabah. Jika keadaan di sekeliling kita terasa begitu menekan, siapa yang akan memotivasi kita agar dapat bersikap tegar menghadapi semua ini. Jawabannya ialah diri kita sendiri. Mungkin ada rekan-rekan atau keluarga yang dapat memberi semangat dan keberanian, namun terutama adalah bagaimana kita secara pribadi mampu membangun keyakinan dan membesarkan hati kita.

Kegagalan dan rasa minder seringkali menghambat kita mencapai kemampuan maksimal. Berbagai pikiran negatif dan sikap pesimis membuat kita terpuruk tak berdaya. Kita terintimidasi oleh kekuatiran dan ketakutan yang tak wajar. Namun hanya orang yang mampu membangkitkan sikap kebesaran hati yang dapat bertahan dan sukses.

Pemenang bukanlah orang yang tidak pernah gagal, namun mereka yang tidak pernah berhenti berjuang dan bertahan dengan sikap kebesaran hati.

Materi Smart Character Radio Talk kali ini diawali dengan lagu You dari Basil Valdez dengan lirik sebagai berikut:

You give me hope,
The strength, the will to keep on;
No one else can make me feel this way
And only you
Can bring out all the best I can do;
I believe you turn the tide
And make me feel real good inside.

You pushed me up
When I’m about to give up;
You’re on my side when no one seems to listen
And if you go,
You know the tears can’t help but show
You’ll break this heart and tear it apart;
Then suddenly the madness starts

CHORUS:
It’s your smile,
Your face, your lips that I miss,
Those sweet little eyes that stare at me
And make me say,
I’m with you through all the way.

‘Cause it’s you
Who fills the emptiness in me;
It changes ev’rything, you see,
When I know I’ve got you with me

Lagu kali ini menceritakan tentang seorang sahabat atau kekasih bisa memberikan pengharapan. Pada salah satu lirik lagunya tertulis Hope give me strength yang artinya pengharapan bisa memberikan kita kekuatan. Lirik berikutnya berbunyi You can make me do the best, yang artinya seorang sahabat atau kekasih bisa membuat kita melakukan yang terbaik dan lebih dewasa dalam bersikap untuk meraih sejauh yang bisa kita raih. You pushed me up when I’m about to give up, artinya seorang kekasih atau sahabat dapat memberikan dorongan, motivasi ketika kita mau menyerah. Membesarkan hati merupakan satu gabungan karakter antara realita, objektifitas, optimis, keyakinan dan berani. Kelima hal ini kalau digabungkan akan membuat kita memiliki kebesaran hati.

A. Mengapa kita perlu memiliki kebesaran hati ?

  1. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi.
  2. Ada kegagalan yang mungkin dialami.
  3. Ada hal-hal yang sering menakutkan kita.
  4. Ada resiko yang biasa terjadi.
  5. Ada intimidasi yang dapat menekan kita.
  6. Kita dicekam dengan berbagai situasi negatif.
  7. Kita menghadapi banyak persaingan.

B. Apa keuntungan jika kita memiliki kebesaran hati ?

  1. Kita memiliki ketangguhan dalam menghadapi tantangan.
  2. Kita tidak mudah merasa putus asa.
  3. Kita tidak takut menghadapi persaingan
  4. Kita berani mengambil tindakan dan resiko
  5. Kita bersikap tabah ketika mengalami kegagalan.
  6. Kita tetap bersemangat untuk berjuang

Kalau kita memiliki kebesaran hati, kita akan mengenali semua potensi yang kita miliki, sehingga kita akan menjadi lebih percaya diri dan mampu untuk menemukan solusi.

Kita kenal 2 sosok pemimpin, yaitu Napoleon Bonaparte dan Adolf Hitler. Persamaan dari keduanya adalah tidak punya fisik yang tinggi dibanding dengan orang-orang sebangsanya, bahkan mereka disebut kurcaci.

Namun kenapa mereka memiliki pengaruh yang sangat besar dan luar biasa? Hal ini terjadi karena mereka memiliki kelebihan dan kekuatan yang berharga yang tentunya dapat membawa kepada hal yang positif maupun negatif.

Hal positif akan mendorong seseorang memiliki spirit of hero, sedangkan hal negatif akan membawa seseorang menjadi sangat egois. Maka ketika kita berada dalam situasi ragu-ragu, sikap positif dan dukungan akan memampukan kita untuk bertahan dan keluar sebagai pemenang.

C. Memahami arti Taking Courage ( Membesarkan hati )

  1. Kemampuan untuk membangun keyakinan dan keberanian pribadi.
  2. Kesiapan untuk menghadapi resiko dan konsekuensi yang ada di depan.
  3. Memiliki tekad kuat untuk bertekun dalam tekanan hingga mencapai kemenangan.
  4. Menguatkan hati agar tidak takut atau gentar menghadapi masalah.
  5. Berhasil mengalahkan tekanan dan intimidasi.

D. Barriers dari Taking Courage

  1. Sikap pesimis
    Sikap minder hampir sama dengan sikap pesimis, yaitu sikap yang terus menerus menilai diri sendiri, yang ada dipikiran kita adalah saya tidak bisa apa-apa, saya tidak mampu. Walaupun pada kenyataannya kita seperti itu, tetapi yakinlah pribadi dan karakter kita adalah ciptaan Tuhan yang berarti, jadi jangan menyerah, karena anda adalah pribadi yang berharga dan jangan sampai anda menyerah begitu saja.
  2. Pikiran negatif
    Berita-berita dan situasi di sekitar kita dapat menanamkan hal-hal negatif dalam pikiran kita. Kita harus menyaring apa yang kita dengar dan lihat.
  3. Panik
    Salah satu penyebab dari patah semangat adalah karena kepanikan, Karena menurut survey, orang yang tenggelam bukan karena kebanyakan minum air, tetapi karena panik. Kalau kita panik, kita tidak akan bisa melihat solusi. Sehingga pada waktu kita panik ada baiknya kita menenangkan diri dulu. Misalnya dengan cara minum air putih, berdoa, ataupun dengan cara istirahat sejenak. Sehingga bagaimanapun caranya sebaiknya diusahakan untuk tenang.
  4. Bimbang / ragu-ragu
    Kebimbangan membuat kita kehilangan kekuatan.
  5. Intimidasi
    Intimidasi biasanya bukan berasal dari omongan orang, tetapi dari diri sendiri yang berasal dari asumsi dan pikiran negatif.
  6. Reaktif
    Ada perbedaan antara reaktif dan responsive. Reaktif adalah belum sempat berfikir, langsung bereaksi. Misalnya dalam bentuk tindakan, omongan, celetukan dan asumsi. Sedangkan responsive adalah dipikir dan dicerna lebih dulu kenapa hal ini atau itu bisa terjadi, sehingga ada jeda untuk dapat melarutkan hal tersebut. Sama seperti kita yang mengaduk air minum, maka harus ditenangkan dan diendapkan lebih dulu sehingga kita bisa tahu mana yang air yang bersih dan mana yang kotor.
  7. Ketakutan tidak wajar
  8. Minder

E. Bagaimana mengembangkan sikap kebesaran hati

  1. Memahami situasi dan masalah yang dihadapi secara obyektif.
  2. Membangun keyakinan, tekad dan motivasi pribadi.
  3. Bersikap optimis dan obyektif.
  4. Memiliki respon positif menghadapi resiko dan kegagalan.
  5. Mengetahui dan mengelola kekuatan dan potensi pribadi.
  6. Bersikap tenang dan proaktif.

F. Pertanyaan seputar Taking Courage

  1. Mengapa kita dapat mengalami patah semangat ?
  2. Bagaimana sikap membesarkan hati yang proporsional, obyektif dan tidak berlebih-lebihan?
  3. Apakah trauma dan kegagalan dapat mempengaruhi keberanian kita ?
  4. Bagaimana menghadapi tekanan dan intimidasi ?
  5. Bagaimana kita bisa menghandle perasan yang dapat berubah setiap saat seperti perasaan cemas, ragu-ragu? Dan bagaimana untuk memaksimalkannya?
    Jawab:
    Kalau bicara mengenai perasaan, hanya wanita yang pintar untuk menjelaskan hal ini, karena wanita hampir 100% dikontrol oleh perasaan. Tapi bukan berarti pria tidak memilikinya. Perasaan tersebut kadangkala menjadi tidak logis dan punya asumsi-asumsi negatif yang dapat menimbulkan perasaan takut atau ragu-ragu, apakah yang diputuskan dan dipilih sudah benar atau belum. Maka dari itu kita harus bisa mengelola perasaan tersebut karena apapun yang terjadi hari itu, harus kita selesaikan, karena the show must go on.

LIVE INTERACTIVE:

1. Pertanyaan dari Bpk. Alo di Jakarta
Saya mau menanggapi pembahasan dari Bpk. Jakoep mengenai tips-tips untuk mencegah kepanikan. Yaitu dengan minum air putih. Ternyata hal tersebut sangat efektif karena saya juga pernah mengikuti seminar kesehatan, kadangkala hal tersebut dipengaruhi juga oleh pola makan dengan gaya hidup yang dapat mempengaruhi mood seseorang. Misalnya kalau anda kurang minum maka otak anda akan terpengaruh, bayangkan jika darah anda cukup kental, jantung anda akan memompa darah lebih cepat, kerja sistim saraf akan ikut berpengaruh juga.

Tambahan:
Kalau kita menyadari bahwa diri kita berharga, kita akan memiliki hati yang besar dan kuat untuk mengadapi semua tantangan. Saya mempunyai kenalan yang kebetulan memiliki cacat fisik pada kaki dan tangannya, dia adalah seorang pedagang yang berjualan di daerah gunung sahari, sebenarnya bisa saja dia menyerah dengan keadaannya, tetapi dia berkata,”Jangan berikan saya ikan, tapi berikanlah saya pancingnya, maka saya akan melakukan apapun untuk berjuang demi kehidupan ini”. Saya akan berjuang untuk berjuang untuk ibu dan keluarga karena kebetulan dia tinggal dengan ibu dan kakak perempuannya, dan kebetulan kakak perempuannya juga cacat sama seperti dirinya. Dan sampai dengan hari ini dia tetap berjualan demi untuk bertahan untuk hidup ini.

2. Pertanyaan dari Bpk. Herry di Jakarta
Berbesar hati lebih ke arah optimisme, Jika seandainya saya memiliki karakter kolerik yang berbesar hati dan memiliki visi, bagaimana dengan orang yang memiliki karakter yang bukan kolerik? Apakah dia tidak bisa berbesar hati? Bagaimana cara memacunya?
Jawab:
Bpk. Herry merasa bahwa dirinya termasuk orang yang bertipe kolerik dan melankolis. Anda tidak merasa kesulitan untuk bangkit kembali karena anda dapat melihat lebih jauh dan lebih optimis. Apalagi kalau anda memiliki data-data pasti akan maju terus.
Bagaimana kalau anda seorang sanguin dan plegmatis? Jika anda termasuk orang yang memiliki karakter plegmatis, anda akan mengalami kesulitan untuk berbesar hati tetapi anda juga adalah orang yang paling tahan menghadapi tantangan dan tekanan. Orang plegmatis tidak cepat maju dan terlihat acuh, namun cukup tahan uji. Saran saya adalah kembangkan inisiatif anda supaya dapat lebih proaktif karena daya tahan nya sudah cukup bagus.
Orang sanguin termasuk orang yang reaktif, dan kalau ada tekanan dan masalah akan cepat menyerah, tetapi akan cepat juga berkata I Will Sign Up Again / I will be back again. Kalau kita mengenal kelemahan diri kita maka jebakan tersebut akan dikenali dengan baik.
Tips bagi orang yang memiliki karakter kolerik yaitu secara natural sudah memiliki kekuatan, orang sanguin perlu memiliki sahabat, sedangkan orang plegmatis perlu untuk mengembangkan inisiatif dan lebih proaktif, sedangkan orang yang memiliki karakter melankolis perlu data-data dan fakta agar dapat membuat anda lebih kuat.

3. Sharing dari Bpk. Teddy di Depok
Saya memiliki prinsip yang dapat membuat besar hati saya, yaitu biarkanlah orang lain lebih baik dari kita, yang penting hari ini harus lebih baik dari kemarin.

4. Pertanyaan via SMS dari Ibu Ira di Pekan Baru
Saya sering merasa putus asa, ragu-ragu, takut dan kadangkala saya tidak tahu apa penyebabnya. Padahal menurut orang-orang terdekat saya, saya memiliki potensi. Bagaimana cara mengatasinya?
Jawab:
Anda termasuk orang yang hidup dengan perasaan. Hal seperti ini banyak dialami oleh wanita. Wanita sering diserang oleh perasaan ini dan biasanya dalam 1 bulan ada masanya dan kita sebagai wanita tidak dapat mengelaknya. Oleh karena itu, kita harus sering membaca buku, mengikuti training motivasi supaya kita dapat mengalahkan semua input-input jelek yang ada dipikiran kita dimasa lalu. Mengapa kita menjadi begitu pesimis yang tidak pada sebenarnya? Hal ini disebabkan oleh adanya unsur kejkadian-kejadian di masa lalu sehingga kita menjadi sangat trauma dan pesimis. Kalau kita isi dengan hal-hal berlawanan maka kita akan dapat merubahnya sehingga kita dapat lebih mampu dalam menghadapi tantangan-tantangan yang ada.

5. Pertanyaan via SMS dari Bpk. Roy di Medan
Kenapa kita disebut sebagai manusia yang berharga?
Jawab:
Alasan pertama adalah karena kita adalah ciptaan paling tinggi dan paling mulia, kita tidak sama seperti tumbuhan dan binatang. Kita memiliki nalar, jiwa dan dapat berfikir.
Alasan kedua adalah kita memiliki gambaran ilahi, kita diciptakan segambar dan serupa. Kita memiliki pilihan dan kehendak bebas, walaupun memang ada kodrat-kodrat yang tidak bisa kita lawan. Misalnya kapan kita lahir? Siapa orang tua kita? Apakah gender kita? Apa temperamen kita? Tetapi ada keputusan-keputusan bebas yang dapat diambil dan membuat kita berharga. Karena pribadi yang memiliki courage/keberanian adalah pribadi yang mengetahui bahwa ia adalah makhluk yang berharga. Dia berani untuk memutuskan dan mengambil tindakan dan memilih sesuatu yang baik untuk hidupnya.

6. Pertanyaan via SMS dari Bpk. Tantowi dari Lubuk Pakam, Sumatra Utara
Bagaimana untuk membesarkan hati kita jika tiap ada kesempatan dalam dunia kerja, namun teman yang berasal dari Perguruan Tinggi Negeri selalu berkata mundur saja, karena saya berasal dari perguruan tinggi swasta.
Jawab:
Anda harus bisa melihat jauh dari teman-teman anda. Karena anda adalah makhluk berharga, oleh karena itu apapun kata teman anda jangan ragu untuk memutuskan. Lakukan saja!!
Jangan lupa juga untuk mengkliping artikel-artikel dari koran yang berisi pemenang atau juara dari bidang olah raga, pendidikan, politik, kesehatan, dsb. Perhatikanlah, apakah mereka berasal dari kota besar? Dari perguruan tinggi negeri yang mewah? Saya rasa tidak, karena banyak orang yang memiliki bakat dan talenta tetapi dia tidak memiliki encourage, maka hasil yang didapat adalah kegagalan. Kalau kita mau berhasil dan sukses, hal yang menjadi penentu adalah kemauan dan kepekaan untuk meresponi setiap kesempatan.

7. Pertanyaan via SMS dari Seorang Ibu
Suami saya adalah seorang yang pesimis, minder dan tidak punya semangat. Dia lebih suka melamun daripada bekerja. Semangatnya hanya dalam hitungan jam saja, sedangkan anak-anak saya butuh makan. Saya harus bagaimana?
Jawab:
Saya bisa mengerti perasaan ibu, kalau sebenarnya kita bisa menyandarkan/menggantungkan hidup kita pada suami dan sebagai suami harus bisa menyingsingkan lengannya untuk keluarga. Saran saya adalah Mengubah suasana rumah mulai dari diri kita. Usahakan untuk memberikan encourage kepada suami dan tidak mengkritik usaha suami, tetapi berikanlah apresiasi atau pujian terhadap usaha suami ibu. Karena sedikit keberhasilan dan apresiasi akan menambah semangat. Lalu mengenai bacaan dan tontonan yang disimak setiap harinya harus dapat disortir, begitupula dengan pergaulan, harus dapat dibuat sedemikian rupa agar dapat lebih memotivasi suami.

Ada 4 tips untuk memiliki sikap encourage:
a. Membangun pikiran yang jauh.
Jangan biasakan untuk berpikir pendek. Stephen Covey dalam bukunya mengatakan, ”Mari kita mulai dari yang terjauh, maka kita akan memiliki semangat dan antusias”. Contohnya kalau kita mau ke suatu tempat, kita harus memiliki tujuan, kalau kita sudah tahu tujuannya kemana, jika ada tantangan yang terjadi dapat segera diantisipasi. Lain halnya jika anda hanya sekedar ingin jalan-jalan, maka jika anda kena macet (dalam hal ini menghadapi tantangan), anda akan kembali pulang dan tidak jadi ke tempat tujuan anda.

b. Belajar untuk bersyukur dan mensyukuri
Karena dengan bersyukur kita akan memiliki pengharapan. Kalau kita menggerutu dan memaki situasi, diri sendiri dan orang lain dan kita selalu membandingkan diri kita dengan orang yang berada diatas kita, maka kita tidak akan bisa bersyukur.

c. Belajar untuk membagi berkat untuk orang lain/memberi sesuatu
Salah satu upaya agar kita dapat memiliki keberanian dan semangat lagi adalah jika kita memiliki kasih dan cinta. Kita akan memiliki kasih sayang kalau kita memberi pada orang lain. Maka kitapun yang mengalami kesulitan, tekanan, penderitaan akan mendapatkan penghiburan karena siapa yang memberi, dia akan menerima.

d. Belajar untuk tetap lakukan yang terbaik
Karena hidup tidak boleh berhenti. Jangan lakukan hal yang buruk dan dapat merugikan diri sendiri, karena apapun yang kita lakukan akan kita tuai nanti di kemudian hari. Kalau kita merusak diri sendiri, belum tentu di hari depan akan terus jelek. Kalau kita melakukan hal yang buruk hari ini, di hari depan belum tentu kita memiliki keberanian-keberanian seperti yang kita harapkan. Kesemua hal ini harus digabungkan dengan sikap realistis, objektif, optimis, keyakinan, dan keberanian, sehingga lebih mudah untuk digabungkan dan diaplikasikan untuk mengembangkan sikap encourage.

G. Tips and Conclusions
Sikap karakter yang harus dikembangkan untuk memiliki kebesaran hati

  1. Realistis
  2. Obyektif
  3. Optimis
  4. Keyakinan
  5. Keberanian

H. The Words of Wisdom

  1. Do the best and God will do the rest.
  2. A bold man is better in all things.
  3. Fortune favors the bold.
  4. Menghadapi kenyataan terburuk selalu lebih baik daripada menghindarinya.
  5. Simpanlah ketakutan anda untuk diri sendiri, tetapi bagilah keberanian anda kepada yang lain.
  6. Sebuah jurang tak dapat diseberangi hanya dengan dua lompatan pendek.

~ by bohkasim on December 22, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: