Menjadi Pembicara Yang Baik Itu Mudah!

Menjadi seorang pembicara yang baik adalah sebuah kemampuan yang harus dimiliki oleh kita dalam mengembangkan kepribadian, memikat lawan bicara dan semua aktifitas yang berhubungan dengan relasi bisnis.
Sebagai seorang Network Marketing seperti saya, tentunya kemampuan ini menjadi landasan yang sangat penting dalam memikat lawan bicara untuk menjadi mitra bisnis.

Apakah yang dimaksud dengan pembicara yang baik itu?
Apakah seseorang yang lantang berbicara atas dasar keilmuannya?
Apakah seseorang yang berhasil mempromosikan produknya dengan bualan kata-kata dahsyat?
Jawabannya bisa ya’….bisa juga tidak!

Ijinkan saya sedikit bercerita atas pengalaman pribadi saya sendiri bagaimana menjadi seorang pembicara yang baik..

Pengalaman Pertama :
Saya mendatangi seorang staff divisi HRD yang berkecimpung dibidang pengembangan sumber daya manusia pada perusahaannya. Seperti biasa saya memperkenalkan diri, saya bertanya khabar keluarganya dan saya menggali Apa yang menjadi minatnya.
Dalam sebuah percakapan, saya tidak sedikitpun mengenalkan produk saya sendiri, namun saya MENDENGARKAN secara seksama tentang kesibukan dia, keahlian dia, kesulitan dia dan keinginan dia yang sebenarnya menjadi seorang staff HRD.
Saya hanya menambahkan dengan pertanyaan yang menjadi minatnya…saya bertanya dengan antusias dan penuh perhatian……hanya itu yang saya lakukan tanpa menunjukan kemampuan saya sedikitpun dibidang Network Marketing.
Di akhir pembicaraan, dia berucap kepada saya : Pak Yopan Anda benar-benar pembicara yang baik….(he..he..ga’ narsis yah..)
Padahal saya hanya mendengarkan cerita dia dan sedikit bertanya tentang minatnya…titik..

Pengalaman Kedua:
Saya mendatangi Supervisor sebuah Franchise yang bergerak dalam bidang pengadaan barang dan sirkulasi omzet perusahaan.
Dalam sebuah percakapan, saya MENDENGARKAN ceritanya dia bagaimana melakukan kontrol stock barang, manajemen karyawan, pertanggungjawaban omzet dan minatnya memiliki sebuah franchise. Dia terus berbicara tentang seputar franchise, kesulitannya dalam manajemen dan semua hal yang berkaitan dengan bidangnya dan saya hanya bertanya dari sudut kepentingan dia sambil terus mendengarkan kisahnya secara santai tapi antusias.
Ketika saya mau pamit pulang sambil bersalaman, dia berucap kepada saya : Pak Yopan saya senang berbicara dengan Anda…Anda hebat dalam berbicara!! (he.he..narsis lagi ni yee…)

Nah…dari pengalaman diatas, saya menarik sebuah kesimpulan :
Jika Anda ingin menjadi pembicara yang baik, maka jadilah pendengar yang baik. Pendengar yang penuh perhatian, bukan sekedar mendengarkan dengan diam, melainkan sebuah bentuk kegiatan berinteraksi. Untuk menjadi menarik, tertariklah pada lawan bicara dan dorong lawan bicara Anda untuk berbicara tentang dirinya.

Ingat selalu hal ini :
Dengan siapa Anda berbicara adalah seratus kali lebih tertarik dengan diri mereka sendiri dan keinginan-keinginan mereka, juga masalah mereka dibandingkan dengan Minat mereka pada Anda dan masalah Anda (*Dale Carnegie).
Masalah rumitnya pekerjaan seseorang lebih berarti baginya dibandingkan dengan kampanye pemilu. Sakit perutnya seseorang lebih berarti baginya dibandingkan dengan tragedi palestina
.

Yah…seperti itulah realitas sikap manusia….Seseorang lebih tertarik kepada dirinya daripada harus memikirkan Anda….seseorang lebih tertarik dengan bidang pekerjaannya daripada harus mendengarkan presentasi Anda…
Suka tidak suka…suatu saat kita pasti dan pasti..akan menemui sikap yang seperti ini….
Jika menurut Anda sikap atau sifat ini adalah egois…lantas kalau ya’ mau apa!!
Apakah Anda dapat merubah dalam sekejap sikap egosinya….atau Anda ingin mendapatkan keuntungan dari pembicaraan ini….Apalagi jika Anda adalah seorang yang membangun relasi bisnis…..manakah yang Anda pilih!!
Suatu saat nanti pikirkanlah hal itu jika Anda memulai suatu percakapan.

Jadi…Apakah Anda sudah siap menjadi pendengar yang baik!!

SUMBER :

http://blog.yopanprihadi.com/2009/02/menjadi-pembicara-yang-baik-itu-mudah.html

~ by bohkasim on March 19, 2009.

Leave a Reply

 
